Thursday, 29 May 2014

Dasar Bahasa Pemrogaman : Pascal

Struktur Program Pascal


Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program
(program heading) dan suatu blok program (program block) atau badan
program (body program). Blok program dibagi menjadi dua bagian, yaitu
bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan (statement part).
Bagian Deklarasi dapat terdiri dari deklarasi label (labels declaration),
deklarasi konstanta (constants declaration), deklarasi tipe (type declaration),
deklarasi variabel (variables declaration), deklarasi prosedur (procedures
declaration) dan deklarasi fungsi (function declaration). Secara ringkas,
struktur suatu program Pascal dapat terdiri dari:
1. Judul Program
2. Blok Program
a. Bagian Deklarasi
Deklarasi label
Deklarasi konstanta
Deklarasi tipe
Deklarasi variabel
Deklarasi prosedur
Deklarasi fungsi
b. Bagian Pernyataan


Program Pascal Yang Paling Sederhana


Suatu program Pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya
terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja. Bagian pernyataan (statement
part) merupakan bagian yang terakhir dari suatu blok. Bagian ini diawali
dengan reserved word
suatu program Pascal yang paling sederhana dapat berbentuk :
Begin dan diakhiri dengan reserved word End. Jadi


Begin
End.


Blok statement harus diawali oleh kata
Begin dan diakhiri dengan kata End


yang ada titik dibelakangnya (
umum untuk suatu program biasanya adalah:
End.). Jangan lupa ya! Sedangkan format


Program …
Uses …
Var
… …
Begin
…statement…
End.


Kata program boleh ada, boleh tidak (optional). Gunanya untuk memberi
nama program saja. Lalu cobalah untuk mengetikkan statement berikut lalu
jalankan (Ctrl+F9):


Begin
writeln(‘Halo Dunia!’);
End.


Dalam kasus ini kita tidak menggunakan
di atas menghasilkan tulisan ‘Halo’ di layar. Jika terlalu cepat, tekan tombol
alt+F5. Kemudian tekan sembarang tombol untuk kembali ke editor Pascal.
uses dan var. Seharusnya program


Uses


Untuk apakah
menggunakan suatu
itu? Untuk lebih mudah, anggap saja library itu sejenis kotak yang di
dalamnya ada perintah-perintah yang kita butuhkan untuk program kita
nantinya, seperti
Pertanyaan lagi, mengapa program di atas tidak pakai uses? Karena
statement writeln adalah memakai library standar milik TP (unit system),
yang tidak perlu ditulis lagi.
Oh, ya. Bahasa Pascal bersifat
mempedulikan huruf besar atau kecil. Jadi terserah mau menulis kata
uses itu? Uses adalah sejenis istilah yang berarti kitalibrary (pustaka) tertentu. Lalu sekarang, apakah libraryclrscr, readkey, keypressed, readln, dsb.incase-sensitive yang artinya tidakBegin


dengan
jangan lupa, pada umumnya di akhir suatu perintah selalu diakhiri dengan
tanda titik koma (;).
begin atau BEGIN atau bahkan BeGiN. Tidak masalah koq. Dan


Penggunaan Write dan Writeln


Syntax write:
write(‘<kata>’);


Syntax writeln:
writeln(‘<kata>’);


Untuk lebih jelasnya, ketikkan perintah-perintah berikut ke editor Pascal
anda lalu jalankan (Ctrl+F9).


Uses crt;
begin
clrscr;
writeln(‘ini baris pertama’);
writeln(‘ini baris kedua’);
write(‘ini baris ketiga’);
write(‘ ini muncul disampingnya ‘);
writeln;
write(‘ini baris keempat’);
end.


Sudah tahukah apa kegunaannya dan apa bedanya? Yang pasti, perintah
write hanya menulis saja sedangkan perintah writeln menulis kemudian
memindahkan kursor ke baris berikutnya.


Variabel


Variabel bisa diibaratkan sebagai sebuah kantong yang bisa menyimpan
sesuatu. Dalam program yang meminta inputan ke user, maka inputannya
harus ditampung ke dalam kantong yang bernama variabel ini. Dan kantong
ini juga bisa diakses oleh statement program lainnya. Berikut ini adalah
berbagai macam tipe variabel.


Nama
Tipe
Range Type
Shortint -128 s/d 127 Integer
Byte 0 s/d 255 Integer
Integer -32768 s/d
32767
Integer
Word 0 s/d 65535 Integer
Longint -2146473648
s/d 2146473647
Integer
Real 2.9 e-39 s/d 1.7
e37
Pecahan
String s/d 255 huruf Non
numeric
Char 1 huruf saja Non
numeric


Tipe variabel di atas adalah tipe variabel yang paling sering digunakan.
Untuk tipe pecahan, masih ada tipe seperti
Silahkan pelajari sendiri di help yang tersedia (Ctrl+F1). Berikutnya adalah
cara pendeklarasian variabel. Variabel di deklarasikan di blok var. Contoh:
single, double, extended, dsb.


Var
umur : byte;
nama : string;


Untuk memberikan suatu nilai pada variabel, pada statement masukan
perintah:


<Nama_variabel> := <nilai>;


Contoh program:


Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
umur := 20;
sekolah := ‘iSTTS’;
writeln(‘Umurku ‘,umur,’ tahun’);
writeln(‘Aku bersekolah di ‘,sekolah);
end.


Jalankan dan lihat hasilnya! Lalu bagaimana jika kita ingin meminta inputan
dari user. Gunakan perintah
read atau readln. Contoh programnya:


Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
write(‘Umur saya berapa? ‘); readln(umur);
write(‘Sekolah saya di mana?’); readln(sekolah);
writeln(‘Umurku ‘,umur,’ tahun’);
writeln(‘Aku bersekolah di ‘,sekolah’);
readln;
end.


Jalankan! Jika masukkan inputan lalu tekan enter. Lalu karena pada
statement paling akhir program meminta readln. Itu artinya kita harus
menekan tombol enter untuk kembali ke editor.


Uses Crt


Crt merupakan suatu unit yang mempunyai beberapa perintah yang dapat
kita gunakan dalam hal pengolahan program berbasis teks. Beberapa
perintah atau syntax yang memakai library ini adalah:
1. Clrscr : untuk membersihkan layar.
2. Textcolor : memberi warna pada tulisan.
3. TextBackground : memberi warna pada latar belakang tulisan
tersebut.
4. GotoXY : memindahkan kursor ke posisi X,Y.
5. Sound, NoSound : membunyikan speaker dan menghentikannya.
6. Delay : menunda pemrosesan program beberapa waktu.
7. Textmode : mengubah besar karakter.
Contoh program :


Uses crt;
Begin
Clrscr;
Textcolor(14);
Textbackground(1);
Gotoxy(10,20);
Writeln(‘Tulisan kunig di atas biru!’)
{penggunaan Sound dan NoSound}
Sound(440); delay(1000); nosound;
End.


Daftar warna:
1: hitam
2: biru
3: cyan
4: merah
5: magenta
6: coklat
7: abu-abu terang
8: abu-abu gelap
9: biru muda
10: hijau muda
11: cyan muda
12: merah muda
13: magenta muda
14: kuning
15: putih


Perhitungan matematika


Suatu statement pada blok program bisa digunakan untuk menghitung
perhitungan matematika. Perhatikan program berikut:


Var
a,b,c : integer;
Begin
a:=1;
b:=5;
{penjumlahan}
c:=a+b;
writeln(c);
{pengurangan}
c:=b-a;
writeln(c);
{perkalian}
c:=a*b;
writeln(c);
{pembagian}
c:=b/a;
writeln(c);
End.


Div


Adalah pembagian yang selalu menghasilkan bilangan bulat (integer).
Contoh: c:=a div b;


Mod


adalah sisa dari pembagian modulo atau remainder yang selalu
menghasilkan integer.
Contoh: c:=a mod b;


Trunc


Pembulatan angka ke bawah. Misalnya angka 5.7 dibulatkan menjadi 5.
Contoh: trunc(c);


Round


Pembulatan ke nilai integer terdekat, misal 5.6 dibulatkan ke enam. 7.1
dibulatkan menjadi tujuh.
Contoh: round(c);

0 comments

Post a Comment

[+] Berkomentarlah Dengan Baik
[+] Tidak berkata Jor*k Atau Sejenis Nya
[+] No OOT ( Out Of Topic )
[+] No Porn, Sara Atau Sejenis Nya
[+] Terimakasih Atas Kunjungan Anda :)
[+] DAN SATU KOMEN.. SAYA SANGAT BERTERIMAKASIH